Beginilah Cara Membuat KPS Online Dengan Mudah

Cara Membuat KPS Online

baruketik.com – Bagi kalian yang ingin tau cara membuat kartu perlindungan sosial dengan mudah. Maka kalian datang ke situs yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini baruketik akan membagikan cara membuat KPS online dengan mudah. Tutorial ini diharapkan berguna bagi kalian yang ingin membuat kps namun belum mengetahui caranya.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran untuk program BLT. Atau juga bisa disebut PKH (program keluarga harapan) melalui Kementerian Sosial pada tahun 2021 ini. Salah satu syarat mendapatkan anggaran tersebut tentunya dengan memiliki KPS.

Nominal anggaran pun berbeda dari setiap kategori yang ada. Jika kalian ingin melihat kategori pendapat anggaran untuk program BLT. Maka kalian bisa simak pembahasan dibawah ini:

Kategori Yang Mendapatkan Bansos

  • Ibu hamil dan anak dengan usia dini. Akan mendapatkan bantuan sebesar 3 juta rupiah/1 tahun
  • Penyandang disabilitas dan lansia (>70 tahun) akan mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta rupiah/1 tahun
  • Pelajar SD atau dengan tingkat sederajat akan mendapat sebesar 900ribu rupiah/1 tahun
  • Pelajar SMP atau dengan tingkat sederajat akan mendapat sebesar 1,5 juta/1 tahun
  • Pelajar SMA atau dengan tingkat sederajat akan mendapat sebesar 2 juta rupiah/tahun

Sedikit informasi bahwa besaran dari BLT PKH tersebut tergantung pada anggota dalam satu keluarga. Atau berdasarkan Kartu Keluarga dengan kategori yang ada. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan langsung kepada penerima. Dengan melalui beberapa bank yang termasuk dalam Himpunan Bank Negara atau Himbara.

Beginilah Cara Membuat KPS Online Dengan Mudah

Cara Membuat KPS Online

Seperti yang admin katakan diatas, salah satu syarat mendapatkan bantuan tersebut adalah dengan memiliki kartu perlindungan sosial. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu tersebut. Maka dari itu, ada baiknya segera ikuti cara buat kps agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Baca Juga  Cara Vote Tiktok Awards 2021, Jangan Sampai Ketinggalan

Oh ya, kini KPS sudah merubah nama menjadi Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS. Kartu tersebut diterbitkan pemerintah untuk membantu ibu tangga atau keluarga miskin. Lalu bagaimana cara membuat kartu perlindungan sosial online? Nah, untuk caranya kalian bisa simak langkah-langkah dibawah ini:

Cara Mudah Membuat Kartu Perlindungan Sosial Untuk Dapatkan Bansos

  • Langkah pertama silahkan mendaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM ke RT atau RW setempat..
  • Setelah mendaftar, maka kalian sebagai calon penerima akan mendapatkan pemberitahuan berupa surat. Yang berisi teknis pendaftaran di tempat yang juga telah ditentukan.
  • Jika kalian sudah mengisi data, maka program ini akan segera diproses secara paralel dan sinergis oleh bank. Bank yang memproses data harus termasuk bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara. Serta kantor kelurahan, wali kota ataupun kabupaten.
  • Apabila verifikasi data selesai. Calon penerima bansos akan dibuatkan rekening bank. Lalu akan langsung mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera atau Kartu Perlindungan Sosial yang berfungsi untuk pengambilan bantuan.

Cara diatas adalah cara mudah bikin kps untuk dapatkan bansos. Jika sudah memilikinya maka kalian hanya tinggal menunggu waktu untuk mendapatkan bansos tersebut.

Penutup

Mungkin cukup sekian dari admin mengenai cara mendapatkan kartu perlindungan sosial. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke baruketik.com.

You May Also Like

About the Author: bangromy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *