Inilah Harga Test Antigen Yang Harus Kalian Ketahui

Harga Test Antigen

baruketik.com – Halo kawan, pada kesempatan kali ini baruketik akan membahas seputar harga test antigen. Seperti yang kalian tau bahwa tes rapid antigen kini menjadi salah satu syarat keluar-masuk sejumlah kota seperti DKI Jakarta dan Bali. Rapid test antigen bisa dilakukan di rumah sakit, klinik, maupun di bandara.

Swab antigen juga menjadi hal yang wajib dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini. Maka dari itu jika kalian ingin melakukan test rapit antigen. Sudah diharuskan bagi kalian untuk mengetahui terlebih dahulu harga test antigen. Maka dari itu, agar kalian mengetahui harga swab test. Admin akan memberikan patokan harganya.

Namun sebelum kita menuju pembahasan harga swab test antigen. Ada baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang test antigen ini. Berikut penjelasannya:

Apa Itu Test Antigen

Tes antigen ini merupakan tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen juga biasa digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV).

Nah, untuk antigen sendiri adalah molekul yang mampu menstimulasi respons imun. Molekul antigen tersebut dapat berupa protein, polisakarida, lipid, atau asam nukleat. Tiap antigen memiliki fitur permukaan yang berbeda yang dikenali oleh sistem kekebalan.

Tes antigen ini memilika harga yang relatif murah dan dapat digunakan di berbagai tempat perawatan. Alat yang sudah diotorisasi ini dapat memberikan hasil diagnosis hanya dalam waktu sekitar 15 menit. Nah, jika kalian penasaran dengan harga tes rapid antigen, maka kalian bisa simak ulasan berikut ini:

Harga Test Antigen

Harga Test Antigen

Oke, jadi harga rapid test antigen ini sebenarnya cukup variatif. Berdasarkan pengintaian yang dilakukan di beberapa rumah sakit dan klinik, tarif swab tes antigen berkisar antara 150 hingga 600 ribu rupiah. Dengan harga variatif tersebut, maka Kementerian Kesehatan RI akhirnya menetapkan harga tertinggi rapid test antigen sebesar 250 ribu rupiah di pulau Jawa.

Baca Juga  Beginilah Cara Unduh Video Tiktok Tanpa Watermark Online

Lantas bagaimana dengan rapid antigen harga di luar Pulau Jawa? Menanggapi hal tersebut, akhirnya dr Azhar Jaya selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan RI akhirnya angkat bicara dalam Konferensi Pers Bersama Kemenkes RI dan BPKP Tentang HET Pemeriksaan Rapid Tes Antigen-Swab.

“Batasan tarif tertinggi untuk rapid test antigen sebesar 250 ribu rupiah di pulau Jawa, luar pulau Jawa 275 ribu,” Jelasnya. Yang berarti jika kalian berada diluar pulau Jawa. Harga tes rapid antigen akan berkisar hingga angka tertinggi yaitu 275 ribu.

Nah, tarif tersebut tidak berlaku bagi fasilitas kesehatan seperti klinik yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan tersebut meliputi alat bantuan APD dan sejenisnya dari pemerintah. Jadi, tarif harga rapid test antigen ini berlaku bagi masyarakat yang ingin melakukan rapid test antigen sendiri.

Oh ya, tenaga kerja seperti dokter spesialis patologi klinik, tenaga kesehatan yang melakukan swab, baik yang membuat surat keterangan ini juga menjadi pertimbangan adanya penerapan tarif tertinggi rapid test antigen.

Penutup

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai Harga Test Antigen. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa membuat kalian terbantu. Terimakasih sudah berkunjung ke baruketik.com dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

You May Also Like

About the Author: bangromy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *