Referensi Wisata Akhir Pekan Yang Bikin Betah Buat Kalian

referensi wisata akhir pekan yang bikin betah buat kalian

Baruketik.comReferensi Wisata Akhir Pekan Yang Bikin Betah Buat Kalian  Banyak sekali wisatawan yang kadang bingung menentukan tempat untuk berlibur. Tempat wisata yang begitu banyak pastinya akan membuat wisatawan sulit menentukan tempat apa yang ingin dikunjungi pertama kali.

Tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah tempat-tempat yang akan banyak menyimpan kenangan. Akhir pekan adalah waktu yang sangat cocok untuk berlibur. Kali ini yang ingin saya fokuskan adalah referensi wisata di kota Yogyakarta. Kenapa Yogyakarta? Ya tempat wisata di Kota Jogja selalu meningkat setiap tahunnya. Tempat wisata di Yogyakarta banyak dikunjungi oleh wisatawan manca dan domestik.

Wisatawan yang selalu bertambah di Yogyakarta karena wisatanya yang bervariasi atau bisa dibilang surganya spot wisata alam dengan  biaya yang murah. Selain itu kuliner di Jogja juga bisa membuat para pecinta kuliner ketagihan dengan kuliner yang bermacam-macam sajian dan rasa. Apalagi sekarang semakin tambah banyak sekali wisata Jogja terbaru 2020 yang baru hits saat ini.

Referensi Wisata Akhir Pekan Yang Bikin Betah Buat Kalian

Yogyakarta terbagi menjadi 4 Kabupaten yaitu kabupaten Kulon Progo dengan ibukota Wates, Kabupaten Bantul dengan ibukota Bantul, Kabupaten Sleman dengan ibukota Sleman, dan Kabupaten Gunungkidul dengan ibukota Wonosari. Masing-masing kabupaten memiliki tempat wisata tersendiri.

Referensi wisata di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta :

  1. Air Terjun Kedung Pedut
referensi wisata air terjun kedung pedut
image by @rifkiantariksa

Kedung dalam bahasa Jawa memiliki arti  kolam, sedangkan pedut memiliki arti kabut. Air terjun ini terletak di tengah kawasan gunung yang dikelilingi hutan yang hijau. Tempat ini sangat sejuk dan asri cocok juga untuk foto-foto model. Warna airnya bening kebiruan dengan dikelilingi bebatuan sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana? Pasti tertarik kan berkunjung di air terjun kedung pedut Kulon Progo Yogyakarta.

Biaya tiket di tempat ini juga terjangkau. Tempat parkir juga luas untuk roda dua serta roda empat. Tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang, jika hari libur dikenakan biaya tiket Rp 20.000 per orang. Disana juga disediakan pelampung serta loker bagi yang ingin menggunakan pelampung bisa menyewanya. Buka dari pagi hingga sore. Jika kalian ingin mendapatkan debit air yang mengalir cukup tinggi dan warna airnya yang jernih kehijauan, kalian bisa berkunjung di awal musim hujan.

 

  1. Kebun Teh Nglinggo
Tur taman hari Minggu
image by @etihleetiyhooo

Kulon Progo memiliki kebun teh yang sudah banyak sekali dikunjungi wisatawan.  Kebun teh ini terletak di puncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Suasana di kebun teh Kulon Progo Yogyakarta ini sangat sejuk,asri dengan kebun hijaunya. Cocok buat kalian yang ingin foto-foto dengan keluarga, teman-teman dan pasangan kalian.

  1. Kalibiru
wisata kalibiru
image by @m_eqone

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena di tempat ini kalian bisa foto-foto dengan spot pemandangan alam dari atas. Selain juga terdapat flying fox, sepeda udara serta melewati jembatan monyet.

  1. Air Terjun Sidoharjo
air terjun sidoharjo
image by @mentilen_traveler

Kulon Progo Yogyakarta memiliki wisata Air Terjun Sidoharjo, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 meter. Bisa dibayangkan betapa indahnya air terjun dengan ketinggian tersebut. Meskipun jalan menuju ke tempat ini sedikit menantang, namun perjalanan kalian akan terbayar saat sampai di lokasi dengan menikmati kesejukan dan keindahan Air Terjun Sidoharjo.

  1. Goa Kebon Krembangan

tour goa kebon krembangan

Goa Kebon Krembangan ini memiliki air terjun yang tidak pernah kering. Namun belum banyak yang mengetahui keindahan gua  kebon Krembangan ini. Hati-hati untuk yang ingin mengunjungi goa ini, karena jalan menuju ke Goa ini licin apalagi musim hujan saat ini.

  1. Kebun Bunga Matahari
kebun bunga matahari
image by @fitriaasativa

Bisa dibayangkan berfoto di tengah kebun bunga matahari yang bermekaran. Sangat indah dan sangat cantik. Kebun bunga matahari ini terletak di Pantai Glagah. Jadi jika kalian berkunjung ke Pantai Glagah bisa berfoto- foto dulu di kebun bunga matahari.

  1. Pantai Glagah Indah
pantai glagah indah
image by @susidarto

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki laguna. Laguna yaitu cekungan yang terisi air seperti danau. Di Pantai juga terdapat pembatas gelombang yang berbentuk seperti kaki segitiga. Itulah yang membuat khas dari pantai Glagah Indah di Kulon Progo Yogyakarta.

  1. Rafting Kalibawang

rafting kalibawang

Nah ini yang banyak digemari juga untuk pecinta olahraga extrim yang memacu andrenalin kalian. Arus rafting di Kalibawang ini dipastikan sangat menyenangkan karena arusnya deras dengan penampang yang lebar. Sehingga jika kalian rafting bersama teman-teman kalian pasti akan sangat seru dan puas.

 

Referensi Wisata di Kabupaten Bantul Yogyakarta :

  1. Pantai Parangtritis

referensi wisata pantai parangtritis

Parangtritis merupakan  pantai yang terletak di Bantul Yogyakarta. Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu lambang Trimurti di Yogyakarta karena berkaitan erat dengan Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Jika ditarik garis lurus, Parangtritis sejajar  lurus dengan Keraton Yogyakarta hingga Gunung Merapi. Pantai ini juga dikaitkan dengan mitos Ratu Pantai Selatan yang biasa disebut Nyi Roro Kidul.

Pantai ini sangat luas dan disediakan kuda beserta delman. Jadi yang ingin berkeliling di tepi pantai naik kuda dan  berfoto-foto pantai ini sangat direkomendasikan.

  1. Pantai Depok
referensi wisata pantai depok
image by @arinsurya

Pantai Depok mempunyai keunikan tersendiri yang memiliki pesona yang mampu menarik wisatawan yaitu pesona sunrise terindah. Lokasi ini sangat cocok untuk yang ingin melihat matahari terbit disertai hembusan angin pagi yang masih segar.

Pantai ini juga mempunyai Tempat Pelelangan Ikan sehingga tersedia banyak kuliner seafood yang bisa kalian nikmati sambil melihat keindahan Pantai Depok.

  1. Pantai Parangendog
referensi wisata pantai parangendog
image by @marcellinaovamaya

Pantai ini terletak tidak jauh dari Parangtritis. Kalian bisa menikmati pantai dengan indahnya bebatuan di sekitar pantai atau batu karang yang menjorok ke laut. Pantai ini cocok juga untuk sesi foto prewedding.

  1. Pantai Kuwaru
referensi wisata pantai kuwaru
image by @nyitnyit_id

Pantai Kuwaru sangat cocok untuk berfoto-foto karena pantai ini banyak sekali pohon cemara yang membuat suasana pantai jadi sejuk. Hembusan angin dari pantai mampu membuat wisatawan betah dan tidak bosan.

  1. Hutan Pinus Mangunan
wisata hutan pinus mangunan bikin betah
image by @fathurohman7

Hutan Pinus Mangunan ini terletak di Kabupaten Bantul di ujung timur. Hutan ini menjadi tempat wisata yang dijadikan spot foto selfie yang diburu banyak kalangan. Tempatnya sangat sejuk, asri, hijau, pemandangan alam yang sangat indah.  Hutan ini sudah dilengkapi tempat teduh yang klasik serta kamar mandi umum yang lumayan banyak jadi dijamin betah berlibur di hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus sering digunakan untuk foto prewedding karena sangat banyak spot-spot yang bisa diambil. Bahkan tempat ini bisa disewa untuk acara pernikahan juga.

Referensi Wisata Akhir Pekan Yang Bikin Betah Buat Kalian

Referensi Wisata Kabupaten Sleman Yogyakarta :

  1. Candi Prambanan
candi prambanan wisata akhir pekan
image by @ed.shotzz

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan candi yang terindah di Asia Tenggara. Candi ini terletak di Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Prambanan akan lebih indah jika malam hari karena selalu ada pertunjukan Sendratari Ramayana sehingga wisatawan semakin betah di candi Prambanan. Candi yang begitu indah dilengkapi lampu-lampu yang menyinari candi sangat keren untuk foto-foto.

  1. Tebing Breksi
tebing breksi bikin betah
image by @yusufkur20_

Tebing breksi adalah endapan vulkanik erupsi gunung api purba jutaan tahun yang lalu. Dulu tebing ini diambil batunya untuk dijual, namun kahirnya tebing ini dibuat tempat wisata dengan desain yang sangat menakjubkan. Jika ingin berkunjung ke tebing Breksi disarankan pada sore hari karena jika siang sangat terik sekali dan berdebu. Menjelang malam pemandangan di tebing ini sangat menakjubkan. Banyak sekali spot foto selfie disini, sehingga sangat banyak juga pasangan calon suami instri yang menyewa tempat ini untuk foto prewedding.

  1. The World Landmark Merapi Park
taman merapi landmark dunia
image by @verani_22

The World Landmark Merapi Park adalah slah satu referensi wisata di Jogja yang terletak di Kaliurang. Tempat ini adalah pesona taman yang dilengkapi miniatur landmark dunia. Landmark dunia itu seperti Menara Eiffel, Kincir Angin khas Belanda, Menara Pisa, Patung Liberty, dan masih banyak lagi Landmark dunia yang terdapat disini. Landmark ini dibuat sedemikian rupa dengan yang asli jadi sangat cocok untuk tempat selfie serta foto-foto bersama keluarga, teman-teman, dan pasangan.

  1. Candi Ijo
wisata candi ijo
image by @adjiesoul471

Candi Ijo terletak berdekatan dengan Tebing Breksi. Tinggal naik sedikit dari Tebing Breksi, jadi wisatawan bisa berlibur di dua tempat sekaligus. Candi ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Wisatawan bisa menikmati pemandangan serta matahari terbenam (sunset) di sore hari. Sangat indah dan bikin betah saat menikmati pemandangan di Candi ijo.

 

Referensi Wisata Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta :

  1. HeHa Sky View
referensi wisata heha sky view
image by @intanwilis

Heha Sky View adalah tempat wisata yang viral tahun 2020 di Gunungkidul. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang suasananya sangat asri dan romantis. Terdapat tempat foto selfie yang instragamable. Heha Sky View ini merupakan restoran yang mempunyai konsep modern dengan menu masakan yang sangat lezat dan nikmat. Kalian wajib untuk datang ke Heha Sky View di malam hari karena pemandangan sangat luar biasa indah.

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran
Wisata gunung api purba Nglanggeran
image by @andre_aw3

Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di Patuk, Gunungkidul. Gunung ini memiliki ketinggian 700 Mdpl. Jam buka Gunung Ngllangeran mulai pukul 08.00 – 18.00. Di tempat ini sudah tersedia hotel jika wisatawan ingin menginap. Pemandangan sunrise atau matahari terbit adalah salah satu yang banyak diburu wisatawan.  Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga menyediakan kuliner serta kopi yang bisa dinikmati sembari melihat pemandangan alam sekitar. Itulah kenapa para wisatawan betah saat berlibur di Gunung Api Purba Nglanggeran.

  1. Kebun Bunga Amarilis
kebun bunga amarilis
gambar oleh @tewe_pratiwi

Kebun ini juga termasuk kebun yang viral yang berlokasi di jl. Wonosari yaitu di Patuk Gunungkidul.  Bunga Amarilis adalah bunga yang berwarna orange sengaja ditanam untuk menawarkan keindahan hamparan bunga yang sangat indah dijadikan spot selfie. Bunga ini hanya mekar sekitar dua bulan saja saat cuaca mendukung. Nah saat ini di Bulan November kebun bunga Amarilis baru mekar indah jadi wisatawan bisa langsung bisa mengunjungi kebun tersebut. Dijamin betah khususnya kaum perempuan yang biasanya langsung selfie2 di sekitar hamparan bunga.

  1. Goa Pindul

Goa Pindul diburu banyak wisatawan karena disini adalah tempatnya cave tubing. Cave Tubing adalah kegiatan menyusuri goa dengan menggunakan pelampung di atas sungai bawah tanah.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk gunungkidul

Banyak sekali air terjun di Gunungkidul. Salah satu air terjun yang indah adalah Sri Gethuk. Ai r Terjun ini terletak di Sungai Oyo, jadi harus menggunakan rakit melewati sungai. Setelah sampai di lokasi air terjun pasti akan betah dengan keindahan air terjun Sri Gethuk. Pemandangan yang sangat indah, sejuk, asri membuat wisatawan betah menikmati pesona air terjun Sri Gethuk.

  1. Pantai Indrayanti
pantai indrayanti gunungkidul
gambar oleh @ephework

Pantai di Gunungkidul sangat banyak slah satunya adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir putih dengan pemandangan bebatuan di gunung membuat betah di pantai ini. Tersedia juga kuliner dan tempat untuk berteduh yang dijamin enak dan nyaman.

  1. Pantai Nglambor
wisata pantai
image by @cinderayu

Pantai Nglambor menawarkan keindahan alam laut yang mempesona. Pantai ini juga menyewakan alat  untuk snorkling sehingga wisatawan bisa melihat keindahan bebatuan karang dan ikan laut yang sangat indah.

Sebenarnya masih banyak sekali referensi wisata akhir pekan yang bikin betah buat kalian di Yogyakarta khususnya di Gunungkidul. Karena obyek wisata paling banyak di Jogja ada di Gunungkidul. Pantainya bermacam – macam yang wajib kalian coba untuk kunjungi. Di artikel ini hanya beberapa saja yang saya bagikan. Semoga bisa membantu kalian untuk mencari referensi wisata di Yogyakarta.

Demikian artikel tentang referensi wisata akhir pekan yang bikin betah buat kalian. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak sudah berkunjung di baruketik.com

About the Author: Anita Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *