Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

BARUKETIK – Inilah penyebab dan cara mengatasi tombol navigasi xiaomi tidak berfungsi. Jika kalian merupakan pengguna lama gadget xiaomi, sudah pasti sering mengalami gangguan di ponsel xiaomi kamu. Salah satunya ya tombol navigasi ini yang merupakan elemen penting dalam hp xiaomi.

Hp xiaomi yang tombol navigasinya error bisa saja disebabkan karena memang sudah digunakan waktu yang lama. Atau mungkin juga karena beberapa faktor yan menyebabkan beberapa fitur di hp xiaomi kalian tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan.

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai tombol navigasi xiaomi yang sudah tidak dapat digunakan lagi.

Tombol Navigasi Xiaomi

Tombol navigasi xiaomi ini terletak di bagian bawah layar ponsel kamu. Tombol tersebut memiliki tiga jenis yaitu home ( beranda ), back ( kembali ) dan menu ( recent apps ). Jika salah satu saja tidak bisa digunakan maka ini merupakan masalah serius bagi ponsel xiaomi yang kamu miliki.

Tombol navigasi xiaomi ini hanya ada pada hp xiaomi versi lama alias keluaran terdahulu. Karena pada ponsel xiaomi keluaran terbaru sudah menggunakan konsep full view, yang artinya tombol navigasi sudah terletak di dalam layar.

Penyebab Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

Ada beberapa faktor penyebab tombol navigasi xiaomi tidak dapat kamu gunakan lagi, berikut ini penyebab tombol navigasi xiaomi tidak berfungsi :

  • Sering Menekan Tombol Home Saat Keluar Dari Aplikasi

Hal sepele ini tidak pernah diperhatikan oleh para pengguna ponsel xiaomi, sebenarnya menekan tombol home saat keluar dari aplikasi ini berbahaya. Karena aplikasi akan terus berjalan di latar belakang, sehingga sampai membuat beberapa fungsi sistem error.

  • RAM / ROM sudah melampaui batas

Ram atau Rom yang sudah melampaui batas bisa mengakibatkan beberapa aplikasi sistem terganggu. Pastikan semua aplikasi yang ada di hp xiaomi kalian tidak memakan ram / rom yang tinggi.

  • Custom ROM

Custom rom adalah hal yang sering dilakukan oleh para pengguna xiaomi. Padahal custom rom sendiri sering membahayakan beberapa fungsi dari ponsel kalian.

Cara Mengatasi Tombol Navigasi Xiaomi Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari tombol navigasi xiaomi yang tidak berfungsi, kami akan menjelaskan intinya yaitu solusi dari permasalahan tersebut.

Berikut ini solusi tombol navigasi xiaomi yang tidak berfungsi :

1. Melakukan Factory Reset

Solusi yang saya sarankan pertama kali untuk mengatasi permasalahan ini adalah factory reset. Factory reset berarti mengembalikan ke versi pabrik. Hal ini dapat membuat kinerja hp xiaomi miliki kembali seperti semula dan dapat bekerja dengan baik.

Namun bagi kamu yang tidak mau melakukan factory reset, silahkan coba solusi lainnya dibawah. Apabila tidak tetap tidak bisa menggunakan solusi yang ada di bawah ini. Satu-satunya cara ya melakukan factory reset.

2. Unroot Custom ROM

Custom rom ini merupakan hobi dari para pengguna xiaomi untuk mengoprek sistem android. Padahal custom rom yang gagal bisa membuat fungsi di hp xiaomi kalian tidak berfungsi. Custom rom yang gagal biasanya dikarenakan oleh rom yang dipilih tidak kompatibel dengan ponsel milik kalian.

Kembalikan rom seperti semula agar ponsel xiaomi dapat berfungsi dengan normal lagi. Jika kamu tidak menggunakan custom rom maka bisa mengabaikan cara ini.

3. Menghapus Beberapa Aplikasi

Apabila kalian sering menginstall aplikasi di hp kalian, pastikan selalu cek apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan ponsel kalian atau tidak. Karena aplikasi yang tidak kompatibel membuat tombol navigasi error.

Hapus juga aplikasi yang dirasa sudah tidak kamu butuhkan lagi. Siapa tau dari beberapa aplikasi tersebut adalah penyebab dari tombol navigasi xiaomi yang error.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua solusi di atas tidak ada efek apa-apa untuk tombol navigasi xiaomi kamu. Maka yang harus kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah banyak tersedia di Google Play Store.

Seperti Contohnya kamu bisa menggunakan aplikasi Navigation Bar yang bisa kamu dapatkan di google play store secara gratis. Aplikasi pihak ketiga ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol navigasi xiaomi bawaan.

Screenshot 5

Kesimpulan

Apabila dengan cara di atas tombol navigasi xiaomi kalian tetap tidak berfungsi, maka sebaiknya kamu melakukan factory reset / hard reset pada hp xiaomi kalian.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mengatasi dan penyebab tombol navigasi xiaomi yang tidak berfungsi, semoga bermanfaat !

You May Also Like

About the Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *