Heboh Situs Fenomenal Tribunnews Terkena Hack

Heboh Situs tribunews terkena hack

Baruketik.comHeboh Situs Fenomenal Tribunnews Terkena Hack – Hari ini kita di hebohkan dengan kabar dari salah satu website berita besar di Indonesia terkena hack. Hingga Artikel ini di buat belum ada tidakan pasti dari pihak tribun.

Di kutip dari halaman Facebook banyak yang membagikan Screanshot atau tangkapan layar di hp mereka dan memberi tahukan bahwa Tribun Terkena Hack. Belum tau apa motif dari pelaku hack ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang hack jenis apa yang di gunakan pelaku untuk deface Tribun kita harus tahu dulu apa itu hack atau peretasan?

Apa itu Hack Atau Peretasan?

Seorang Peretas (bahasa Inggris: hacker) adalah ahli komputer yang terampil yang menggunakan pengetahuan teknis mereka untuk mengatasi masalah. Sementara “peretas” dapat merujuk ke setiap programmer komputer yang terampil, istilah ini telah menjadi terkait dalam budaya populer dengan “peretas keamanan“, seseorang yang, dengan pengetahuan teknisnya, menggunakan bug atau exploit untuk membobol sistem komputer. Untuk lebih detailnya kalian bis abaca di sini.

Tribunnews di hack dengan cara apa?

Tribunnews, hacker mengunakan sitem exploit, yang memanfaatkan kelemahan suatu sistem atau jaringan komputer pada server atau sistem web. Sistem exploit ini banyak di gunakan oleh para hacker untuk menyerang target mereka dengan memasukkan Backdoor atau sebuah script yang telah mereka modifikasi.

Dengan Cara Apa Hacker Memasukan Backdoor?

Hacker atau Peretas bisa memasukan Backdoor dengan mengunakan gambar yang mereka telah modifikasi. Didalam gambar tersebut terdapat code atau script yang nantinya bisa di gunakan untuk menguasai sistem tersebut. Sebelum mereka Upload Backdoor tersebut mereka biasanya mencari dulu kelemahan dari sistem. Bisa mengunakan Sql Injection atau mengunakan Sql Dump.

Kita patut mengakui di Indonesia ini banyak sekali Hacker yang sangat luar biasa tangguhnya, di mana mereka banyak yang bekerja di bidang pertahanan. Hacker di indonesia ini memang di takuti oleh beberapa negara di dunia.

Baca Juga  Cara Vote Tiktok Awards 2021, Jangan Sampai Ketinggalan

Di bagi menjadi berapa Hacker itu?

Kita perlu garis bawahi Tidak semua Hacker itu selalu berbuat kejahatan

Ada 3 kategori hacker yang perlu kita ketahui berukut penjelasanya:

  1. BalackHat

Yang pertama adalah Blackhat. Hacker jenis ini di kenal secara umum, yaitu Kriminal Hacker, mereka sering melakukan Tindakan Kriminal atau ilegal, yang memanfaatkan kelemahan sebuah sistem untuk mencari uang.

Tipe Hacker ini biasanya mengakali sebuah sistem komputer target dengan niat buruk, biasanya mereka ingin mencuri data pribadi, memeras, atau merubah sebuah sistem supaya tidak bisa di gunakan.

  • WhiteHat

Berbeda dengan Blackhat, hacker ini mempunyai niat baik. Mereka biasanya adalah progremer, atau developer, atau orang yang paham dengan sebuah sistem komputer dan tidak menyahgunkan untuk kejahatan.

Hacker atau peretas WhiteHat ini juga disebut ethical hacker. Mereka mengunakan kempuanya untuk mengetes kelemahan suatu sistem, dan membantu untuk memperbaiki sebuah sistem yang yang terindikasi menjadi celah untuk berbuat kejahatan.

  • GrayHat

Terakhir adalah hacker dengan jenis GrayHat, hacker jenis ini tidak masuk ke dalam BlackHat ataupun WhiteHat sesuai dengan namanya. Hacker jenis ini tidak melakukan peretasan dengan motif jahat, tetapi proses melakukanya juga tidak selalu legal ataupun etis.

Cotoh Hacker GrayHat, mereka menemukan celah dalam sebuah sistem website ataupun komputer, kemudian mereka masuk ke dalam nya dan melihat-lihat informasi yang ada di dalamnya tanpa ijin dari pemilik nya.

Heboh Situs Fenomenal Tribunnews Terkena Hack

Namun hacker jenis ini biasanya mereka juga meberitahukan ke pemilik website atau komputer bahwa ada kelemahan di dalam sistem mereka.

Itu tadi tipe-tipe hacker yang harus kalian ketahui, jadi jangan menganggap semua hacker itu pasti berbuat kejahatan.

Baca Juga  Cara Vote Tiktok Awards 2021, Jangan Sampai Ketinggalan

Website Tribunnews Terkena Hack

Bisa kita lihat yang terjadi saat ini Tribunnews ini termasuk dalam Hacker jenis apa? Silahkan kalian tulis didalam kolom komentar ya.

Dikutip dari halaman Facebook banyak yang bilang Hoax, memang setelah kita telusuri tidak semua profider bisa melihat halaman awal tribun yang terkena hack, ada bebrapa profider yang masih bisa mengakses seperti biasa, dan membaca berita di tribun tersebut.

Akhir Kata

Semoga artikel ini membantu pengetahuan para pembaca sekalian, dan tau ada beberapa tipe hacker, dan bahwa tidak semua hacker itu jahat, terimaksih telah berkunjung di baruketik.com

You May Also Like

About the Author: Redaksi

One Comment to “Heboh Situs Fenomenal Tribunnews Terkena Hack”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *